Sabtu, 17 Juni 2017

belajar jangringan bagi pemula

jaringan komputer. Untuk belajar jaringan komputer sebenarnya tidaklah sulit, yang perlu di perhatikan adalah konsep dari jaringan
komputer itu sendiri baik itu media transmisinya,protocol,topology, dan teori dari OSI Layer.
Belajar jaringan komputer lengkap untuk pemula
Jika telah mengenal konsep dasarnya, apa pun type network atau case yang sedang di hadapi tidak akan sulit untuk menyelesaikannya.
Jadi konsep itu sangatlah penting. Untuk memulai belajar jaringan komputer untuk pemula ada beberapa teori dasar yang perlu di pahami, berikut
adalah terori dasar untuk belajar jaringan komputer untuk pemula :
1. Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah system yang di bangun untuk mempermudah manusia dalam hal berkomunikasi baik itu secara local mau pun jarak jauh.
Dengan system demikian komputer yang telah terhubungan ke dalam sebuah jaringan dapat membantu manusia dalam produktifitas sehari hari.
Contoh kecil nya seperti :
Berbagi File
Berbagi Fasilitas ( Printer scaner dll)
Berbagi koneksi internet atau intranet
Namun saat ini jaringan komputer tidak hanya di manfaat kan untuk hal hal demikian, banyak hal yang bisa di lakukan baik itu untuk keperluan bisnis,
video call, sosial media, dan banyak hal yang tidak bisa di prediksi untuk pemanfaatannya.
2. Teori dasar jaringan komputer
Jaringan komputer terbagi menjadi tiga yaitu :
  • LAN : LAN atau Local Area Network adalah jaringan komputer yang hanya berada di dalam satu tempat misalkan di dalam rumah yang menggunakan kabel  atau pun wireless yang terhubung ke switch atau router untuk menghubungkan komputer lainnya.
    Jadi komputer yang berada di dalam rumah tersebut saling terhubung. Konsep topologynya kira kira seperti gambar di bawah ini :
LAN
LAN
  • MAN : MAN atau di sebut juga Metropolitan Area Network, nah MAN ini adalah gabungan dari LAN yang terhubung masi dalam satu wilayah,
    misal kan kantor pusat terhubung dengan kantor cabang, media transmisinya juga sama, bisa melalui kabel maupun wireless. Atau ilustrasi dari topologynya seperti gambar di bawah ini :
MAN
MAN
  • WAN : WAN atau Wide Area Network nah khusus untuk type jaringan ini, ini adalah gabungan dari LAN dan MAN yang mencakup antar benua atau pun antar negara,
    yang jangkauan jaringan komputer nya sangatlah besar. Untuk jaringan komputer  ini bisa juga di sebut internet.
Konsep jaringan internet atau jaringan WAN belajar jaringan komputer
WAN

Nah itu adalah beberapa type jaringan yang sangat mendasar,kemudian fungsi jaringan komputer mempunyai beberapa type di antarnya :
  • Client-Server : Type jaringan ini memiliki control untuk memanage client, jadi service service yang ada pada komputer client di control pada komputer server.
    Type Jaringan ini sangat banyak di jumpai pada sebuah kantor. Baik itu dalam pembagian akses internet maupun file data.

  • Pear to Pear : untuk type jaringan ini adalah menghubungkan kedua komputer atau lebih tanpa ada control khusus dari sebauh server.
    Type jaringan ini biasanya di gunakan untuk bermain game LAN, sharing internet dan lainnya, intinya siapa saja bisa bebas untuk berbagi di jaringan tanpa adanya control khusus.
Oke kemudian jaringan komputer itu tidak luput dengan yang namanya topology, apa sih itu topology, untuk pembahan topology jaringan komputer bisa
di lihat pada artikel sebelumnya : Macam Macam Topologi Jaringan Komputer
3. Media Transmisi Jaringan Komputer
Untuk menghubungkan komputer ke sebuah jaringan komputer tentu di butuhkan yang namanya media transmisi, media transmisi init di bagi 2 yaitu : Menggunakan Kabel atau pun Wireless atau si sebut juga nirkabel.
Media transmisi dengan menggunakan kabel : ada beberapa kabel jaringan yang saat ini sangat banyak di jual di pasaran yaitu UTP, Fiber Optic dan Coaxial.
Dan untuk media transmisi nirkabel contohnya wifi/wireless, Vsat dll.
Nah itulah hal mendasar dari jaringan komputer untuk pembahasan selanjutnya akan di bahas pada artikel berikut nya,
jadi tidak ada kata erlamba unuk belajar selagi kita mau berusaha 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar